8 Kelebihan Album Musik Fisik (CD) Dibanding Digital Download

Tidak banyak band atau musisi sampai pada tahap mencetak/memproduksi CD (baik mini album maupun full album). Apalagi yang diproduksi secara mandiri (tanpa bantuan label), karena biasanya band atau musisi tersebut harus sudah berumur, memiliki jam terbang yang tinggi, punya loyal fans dan kumpulan karya-karya berkualitas yang kemudian menjadi keputusan untuk diproduksi dan dirilis secara fisik. Dengan kata lain, CD album merupakan salah satu indikasi matangnya band dan musisi. Berikut 8 alasan kenapa CD lebih baik daripada format digital download:



1. Kualitas Audio CD lebih baik dari Digital Download.

Kualitas audio terbaik yang kita temui sehari-hari adalah WAV, 16bit, 441Khz, dan itu terdapat pada CD. Bukan pada digital download yang umumnya MP3 dengan bitrate rendah.

2. CD adalah produk fisik yang bisa dijual kembali.

Berbeda dengan metode digital download seperti iTunes, Amazon, dll yang menjual musik untuk didengarkan saja (Personal Use). Ketika kita membeli CD Band atau Musisi, CD tersebut dapat dijual kembali baik dalam keadaan baru maupun second.

3. Beli satu dapat dua.

Kita dapat menyimpan file dari CD yang kita beli ke komputer, mobile dan device lain dengan cara Copy CD. Artinya ketika kita membeli album fisik, berarti kita mendapatkan keduanya (Fisik dan Digital).

4. Kemasan CD.

Cover, Booklet Lirik, Liner Notes, Foto Band, Track List dll, semua real berbentuk fisik yang dengan nyata dapat disentuh, diraba dan dipegang. Ini adalah hal-hal luar biasa yang tidak didapatkan pada musik versi digital download.

5. CD itu Ekslusive.

Tidak seperti file digital yang tidak pernah habis ketika dibeli, tiap-tiap rilisan fisik selalu dicetak dan diproduksi secara terbatas (misalnya 500 copy, 1000 copy, 5000 copy, dst). Suatu keistimewaan ketika kita adalah salah satu dari pemilik CD dari band yang hanya merilis albumnya secara terbatas.

6. CD plus Boxset.

Sering kali band atau musisi menjual CDnya dengan bundle, misalnya plus T-shirt, Totebag, Dompet, dll. Iya, itu terjadi di CD, bukan file download.


7. CD itu Pantas dikoleksi.

Apa kelebihannya ketika kita dapat menyimpan ratusan atau ribuan file MP3 di komputer atau handphone? 'biasa saja'. Akan berbeda jika album-album itu dalam bentuk CD. Kita dapat menatanya pada rak-rak manis yang sesekali membukanya untuk sekedar melihat-lihat isi album tersebut. Dan kabar baiknya, CD semakin hari semakin mahal harganya (masih berhubungan dengan CD itu ekslusive dan dapat dijual kembali).

8. Respect Musician

Ini tidak perlu dibahas lagi; sudah jelas dengan membeli CD original kita telah menghargai kerja keras band atau musisi atas penciptaan karya musiknya.


Netrilis melayani rilis album secara fisik, termasuk penggandaan CD (Duplikasi dan Replikasi) hingga produksi kemasannya (Cover). Setiap CD yang diproduksi oleh Netrilis include ISRC dan UPC (Kode rilisan musik) dan dirilis secara digital ke iTunes, Spotify, Amazon, Deezer dan digital stores worldwide lainnya secara gratis. Netrilis tidak melayani manufacturing CD untuk kepentingan selain rilis musik (misalnya; CD presentasi, CD Perusahaan, dll).


Related:




Agreement · Privacy · Contact