Rilis Musik dan lagu ke TikTok Social Video Platforms

Netrilis

TikTok adalah social video platforms utama saat ini, memungkinkan penggunanya untuk mengupload video dengan backsound. Ada dua tipe memasukan lagu ke TikTok, yaitu; (1) sebagai original sound (hasil user meng-upload menggunakan devicenya) dan (2) sebagai lagu atau musik di Sounds library. Artikel ini membahas tipe ke 2 tersebut, yaitu bagaimana cara memasukan lagu untuk tersedia di katalog Sounds TikTok atau disebut "mendistribusikan musik ke TikTok".

ByteDance Ltd. merilis TikTok (dengan nama Douyin 抖音 di China) pada tahun 2017 dan tersedia secara worldwide sejak digabungkan dengan Musical.ly yang diakuisisi oleh ByteDance pada tahun 2018. Saat ini TikTok populer di seluruh dunia, terutama Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Serikat, Turki dan Rusia.

TikTok memiliki katalog Sounds untuk dapat digunakan oleh usersnya sebagai backsound, katalog tersebut berisi lagu dan musik Artists yang didapat dari label dan distributor yang bekerjasama dengan ByteDance.

Sebagai distributor yang merilis konten ke berbagai music platforms, Netrilis mulai mendistribusikan karya musik ke TikTok sejak Februari 2020. Artists dapat meng-available-kan lagunya di TikTok dengan cara rilis digital, dan berikut beberapa catatan yang berkaitan dengan proses rilis ke TikTok;

  • Pelajar pedoman rilis untuk memastikan rilisan sesuai dengan syarat & ketentuan rilis digital.
  • TikTok hanya menampilkan durasi tertentu untuk lagu yang ditampilkan di Sounds, untuk menentukan detik dimulainya lagu diputar (Song Preview Start), silakan pilih Additional Feature.
  • Rilisan yang telah dirilis sebelum Februari 2020 sudah otomatis tersedia di TikTok dan tidak perlu melakukan update secara mandiri.
  • Informasi lain terkait TikTok tersedia di Bantuan › Music Platforms › TikTok.

Sumber gambar: Chris Delmas/AFP/Getty Images



Related: