Merilis Karya Musik ke Instagram Sebagai Sound di Insta Stories, Feed & Reels

Netrilis
Instagram memiliki fitur musik yang dapat digunakan sebagai backsound di berbagai jenis posting di Instagram, termasuk pada Stories (Story Ig, Insta Story) Feed-post dan Reels. Musik tersebut juga dapat di search pada kotak search dan hasilnya tersedia di Tab "Audio".




Instagram tidak memiliki tool untuk musisi menambahkan atau memasukan musik/lagu ke dalam fitur musik di Instagram tersebut. Hal itu karena Instagram bersama dengan Meta Platform, menerima pengiriman musiknya dari aggregator musik dengan cara sebagai berikut:
  1. Menyiapkan file musik & artwork
  2. Upload files melalui Netrilis & mengisi kelengkapan Nama Artist, Judul Lagu, dll.
  3. Akan melewati proses review & tim Netrilis akan mengabarkan jika ada yang perlu direvisi
  4. Setelah lolos review dan melakukan konfirmasi, musik akan segera tersedia di Instagram.

Dengan proses tersebut, rilisan musik tidak hanya akan tersedia di Instagram Music, melainkan juga akan rilis diberbagai social media & streaming platforms, termasuk; Facebook Music, TikTok Sound, YouTube Short, Spotify, Apple Music, Joox, dan sebagainya.

Musik yang telah tersedia di Instagram dapat dengan mudah digunakan sebagai backsound;
  • Post (feed): upload photo, kemudian tap pada icon music .
  • Reels: upload video, kemudian tap menu Audio.
  • Stories: upload konten, kemudian tap sticker » Music.
Untuk memastikan pencarian musik mendapatkan hasil sesuai, tuliskan kata kunci sesuai dengan Judul Lagu diikuti dengan Artist Name dengan format yang sama dengan yang disubmit melalui Netrilis.

Artist Name pada Instagram Music juga click-able untuk menuju ke profile Instagram Artist terkait. Baca selengkapnya: Cara Menautkan IG Music ke Profile Instagram.

Informasi terkait