Apa Bedanya Single, EP dan Albums?

Netrilis
Pengkategorian Single, EP, LP dan Albums terus digunakan mulai dari era Vinyl record, Cassette, CDs hingga rilisan digital. Seperti ketika kita mengakses iTunes, Apple Music dan Spotify, pengkatalogkan lagu-lagunya tetap menggunakan istilah tersebut. Bersumber dari Wikipedia, istilah tersebut dapat diartikan sebagai berikut;


  • Single: jenis rilisan yang berisi 1 lagu (more info).
  • EP (Extended Play): rilisan yang berisi lebih dari single, biasanya berjumlah 4 s/d 6 lagu. Yang pada penerapannya sering juga disebut Mini Album (more info).
  • LP (Long Playing): rilisan yang berisi lebih dari jumlah EP (more info).
  • Albums: rilisan yang berisi lebih dari 1 lagu dimana EP dan LP dapat juga disebut sebagai Album (more info).
Sedangkan di digital stores, pengkategorian Single, EP dan Album disesuaikan dengan jumlah lagu (tracks) dan berbanding dengan total durasi. Berikut ini kategori secara umum berdasarkan bagaimana iTunes dan Spotify mengkategorikan rilisan di databasenya;



Pengkategorian Single EP Album
Jumlah Lagu 1-3 tracks 4-6 tracks ≥7 tracks
Total Durasi < 30 menit ≤ 30 menit ≥ 30 menit

Proses pendistribusian rilisan musik (baik Single, EP atau Album) juga mengalami perkembangan. Dimana sebelumnya rilisan musik dijual melalui toko-toko rilisan fisik, berikutnya rilisan dalam format audio-digital dirilis melalui digital stores dan music streaming yang dapat langsung sampai ke pendengarnya dengan cara online.

Beberapa Artists di era format audio-digital juga banyak yang memilih untuk tidak merilis karyanya dalam format fisik, melainkan memfokuskan merilisnya dalam format digital secara mandiri (indie) melalui agregator musik, karena dapat menekan biaya produksi, distribusi dan pertimbangan efesiensi lainnya.


Keterangan:
  • Netrilis sebagai Music Aggregator tidak melakukan pengkategorian, namun diterapkan oleh masing-masing Music Platforms.
  • Music Platforms mungkin akan secara otomatis menambahkan kata Single atau EP pada judul rilisan untuk kepentingan pengkatalogkannya.
  • Netrilis hanya memiliki 2 kategori ketika musisi melalukan submission, yaitu Single (1 tracks) dan Album (jika lebih dari 4 tracks).

Informasi terkait