Cara Memverifikasi Halaman Artis Spotify

Dengan terverifikasinya halaman artis, artinya user memiliki akses penuh untuk mengelola halaman artis (band/solois) tersebut. User dapat mengganti foto artis, mem-fitur lagu agar berada diatas, membuat playlist atas nama artis, serta memiliki akses untuk melihat data insight yang memunkinkan melihat data lengkap audience/fans yang memutar (play, listen) lagu artis.



Tanda terverifikasinya artist-page adalah adanya simbol centang disebelah photo artis. Verifikasi ini dapat dilakukan oleh artis sendiri, manager atau pihak yang memiliki hak untuk memanagemen artis terkait. Proses verikasi sangat mudah, hanya dengan mengisi beberapa form dan ter-verified dalam beberapa hari.


  1. Pastikan telah memiliki akun Spotify user (Spotify biasa). Jika belum, sign-up melalui app-nya: [Android] [iOs]
  2. Download dan instal App Spotify for Artist: [Android] [iOs]
  3. Login Spotify for Artist menggunakan akun Spotify-user (Spotify biasa) yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Claim Your Profile: cari artist yang akan di klaim di kotak pencarian atau copy paste dari Spotify player.
  5. Ikuti semua prosesnya, isi data sesuai yang Anda miliki
  6. Spotify akan meminta Anda mengisi social media Arist (Instagram, Twitter dan profile lain) untuk kebutuhan verifikasi
  7. Selesai, tanda sudah verified adalah: simbol verified pada profile artist di Spotify.
  8. Setelah verifed, Anda telah memiliki hak akses ke halaman arist tersebut dan Anda dapat mengelolanya melalui app Spotify for Artist.


Tutorial cara memverifikasi halaman artis Spotify melalui websitenya dapat dilihat pada video berikut, silakan memilih bahasa pada subtitle/CC untuk pilihan bahasa tutorial



Update: Saat ini website https://artists.spotify.com/ sedikit berbeda, tapi masih dengan proses yang sama seperti video tutorial tersebut.

Related: