Cara Verified Artist di TikTok

Netrilis

TikTok memiliki fitur akun terverifikasi, yaitu tersedianya verified badge (tanda centang biru) di sebelah username profilenya. Tanda centang biru tersebut umumnya diberikan untuk Artist, Band, Musisi, Merek, selebriti dan berbagai akun yang dianggap perlu penanda terverifikasi keasliannya oleh pihak TikTok.


Untuk Artist, kelebihan verified badge adalah memungkinkan rilisannya di TikTok linked ke profile Artist. Yaitu; ketika user mencari sounds dari Artist terkait, maka Artist pada daftar hasil pencarian sounds dapat diklik dan menuju ke profile Artist yang verified tersebut.

Saat ini, TikTok belum membuka pengajuan untuk account/profile mendapatkan centang biru. Namun, poin-poin berikut merupakan syarat dari TikTok yang perlu dilengkapi agar Artist profile di TikTok memungkinkan verified:

1. Telah merilis karya musik ke TikTok
Sejak 2020, Netrilis telah mendistribusikan musik ke ByteDance untuk tersedia di katalog Sounds di TikTok. Semua rilisan Netrilis telah dilibatkan ikut serta distribusi tersebut, namun jika rilisan dari Artist termasuk rilisan sebelum 2020 dan belum tersedia di TikTok, Artist dapat melakukan request melalui Artist Inquiries.

2. Memiliki TikTok Account
Memiliki akun TikTok dengan kriteria;
  • Secure: telah mengaktifkan multi-factor authentication.
  • Active: setidaknya berumur 6 bulan.
  • Authentic: mewakili Artist (Musisi atau Band) yang real.
  • Complete: memiliki informasi bio, name, profile photo, dan setidaknya satu posting video.
  • Notable: termasuk high-profile Artist yang penentunya berasal dari sumber berita umum (bukan press releases atau berita internal).

3. Mematuhi pedoman komunitas & ketentuan persyaratan dari TikTok
Account yang tidak sesuai dengan Community Guidelines and Terms of Service dari TikTok, akan dikecualikan dari kemungkinan verified. Hal itu termasuk mengutamakan menggunakan backsound dari Sounds Catalog yang aman dari copyright claim. Selengkapnya.


Platforms lain yang telah membuka pengajuan verified untuk Artists adalah Spotify, Apple Music, YouTube Music, Deezer dan Amazon Music. Request verification cukup mudah dilakukan selama Artist terkait telah merilis karya musiknya ke Music Platforms tersebut melalui music distributor.




Related: