Cara Verified Artist di TikTok

Netrilis

TikTok memiliki fitur akun terverifikasi, yaitu tersedianya verified badge (tanda centang biru) di sebelah username profilenya. Tanda centang biru tersebut umumnya diberikan untuk Artist, Band, Musisi, Merek, selebriti dan berbagai akun yang dianggap perlu penanda terverifikasi keasliannya oleh pihak TikTok.


Untuk Artist, verified badge ini mendukung Artist dalam mempromosikan lagunya di TikTok, karena memungkinkan rilisannya linked ke profile Artist. Yaitu; ketika user mencari sounds dari Artist terkait, maka Artist pada daftar hasil pencarian sounds dapat diklik dan menuju ke profile Artist yang verified tersebut.

Saat ini, TikTok belum membuka pengajuan untuk account/profile mendapatkan centang biru. Namun, poin-poin berikut merupakan syarat dari TikTok yang perlu dilengkapi agar Artist profile di TikTok memungkinkan verified:

1. Telah merilis karya musik ke TikTok

Sejak 2020, Netrilis telah mendistribusikan musik ke ByteDance untuk tersedia di katalog Sounds di TikTok. Semua rilisan Netrilis telah dilibatkan ikut serta distribusi tersebut, namun jika rilisan dari Artist termasuk rilisan sebelum 2020 dan belum tersedia di TikTok, Artist dapat melakukan request melalui Artist Inquiries.

2. Memiliki TikTok Account

Memiliki akun TikTok dengan kriteria;
  • Secure: telah mengaktifkan multi-factor authentication.
  • Active: setidaknya berumur 6 bulan.
  • Authentic: mewakili Artist (Musisi atau Band) yang real.
  • Complete: memiliki informasi bio, name, profile photo, dan setidaknya satu posting video.
  • Notable: termasuk high-profile Artist yang penentunya berasal dari sumber berita umum (bukan press releases atau berita internal).

3. Posting konten

Konten yang relevan dengan Artist terkait, akan memudahkan identifikasi pihak TikTok bahwa profile tersebut related. Cara memposting konten video di TikTok adalah dengan menggunakan musik yang telah tersedia di katalog Sound dengan pertimbangan antisipasi issue berikut;

4. Mematuhi pedoman komunitas & ketentuan persyaratan dari TikTok

Account yang tidak sesuai dengan Community Guidelines and Terms of Service dari TikTok, akan dikecualikan dari kemungkinan verified. Hal itu termasuk mengutamakan menggunakan backsound dari Sounds Catalog yang aman dari copyright claim. Selengkapnya.

5. Request Certification

Mengajukan sertifikasi agar dapat mendapatkan berbagai fitur dari TikTok for Artists, termasuk mengaktifkan Music Tab, penandaan New release, pin video dan berbagai fitur untuk Artists yang terus dikembangkan.


Platforms lain yang telah membuka pengajuan verified untuk Artists adalah Spotify, Apple Music, YouTube Music, Deezer dan Amazon Music. Request verification cukup mudah dilakukan selama Artist terkait telah merilis karya musiknya ke Music Platforms tersebut melalui music distributor.




Informasi terkait