Checklist dan persiapan rilis lagu ke Spotify, YouTube Music, Joox, TikTok dan Music Platforms lainnya

Netrilis

Setelah melewati proses recording, mixing sampai dengan mastering, berikutnya karya musik telah siap untuk di rilis ke publik untuk sampai ke pendengarnya. Aktivitas rilis musik tersebut termasuk bagian yang esensial yang tidak dapat dipisahkan dari karya musik.


Berikut ini adalah beberapa checklist yang perlu diberi perhatian sebelum merilis musik ke Spotify, Apple Music, YouTube Music, Joox, TikTok dan Music Platforms lainnya;

Aman dari Copyright Issue

Pastikan lagu yang akan dirilis adalah karya Anda pribadi, atau setidaknya Anda memiliki hak untuk mendistribusikan dan meng-komersialkan lagu tersebut. [selengkapnya].

Nama Artist yang se-original mungkin

Artist Name adalah bagian terpenting dari identitas musisi dan merupakan brand yang melekat padanya. Maka untuk menghindari permasalahan; Anda dapat mempertimbangkan penggunaan Nama Artist yang se-unique dan se-original mungkin. Termasuk konsistensi dalam penulisannya. Selain itu, Nama Artist harus sesuai dengan pedoman rilis, yaitu;

Title (Judul Rilisan) yang relevan

Kita sepakat bahwa Judul Album atau Judul Lagu adalah shortcut bagaimana pendengar memperkirakan seluruh isi dari karya musik tersebut. Selain itu, Title juga termasuk texts yang search-able sebagai kata kunci di Music Platforms.

Anda dapat memastikan Title karya musik Anda ditulis secara plain untuk kemudahannya ditulis dan dicari di Music Platforms. Dan disesuaikan dengan pedoman rilisan;

Audio berkualitas

Karya musik akan lebih optimal jika disajikan dengan format dan kualitas yang sesuai yang dibutuhkan oleh media pemutarnya, hal tersebut untuk menghindari konversi dan processing audio yang dilakukan hanya karena penyesuaian spesifikasi. Jika produksi rekaman dilakukan di recording studio, Anda dapat melakukan request kepada sound engineer untuk menyiapkan format sesuai spesifikasi berikut;

Artwork terbaik untuk karya musik terbaik

Anda dapat menyiapkan Artwork (sampul) dengan tetap memaknainya sebagai "Art" (seni). Karena seperti halnya rilisan fisik (Vinyl, Cassette & CD), pada music streaming apps; Artwork juga salah satu pendukung keputusan terbesar bagi pendengar sebelum pada akhirnya memutar lagu dibalik sampul tersebut.

Penyertaan Credits

Produksi karya musik tentu melibatkan beberapa pihak, Anda akan memerlukan menyertakan Credits yang sebenarnya untuk menjaga semua pihak ter-apresiasi dan memastikannya sesuai dengan kontribusinya. Yang wajib untuk disertakan ketika merilis musik digital adalah; Producer & Composer. Selengkapnya.


Release Date sesuai rencana

Kegiatan rilis/peluncuran karya musik membutuhkan dukungan pra-rilis, ketika rilis dan pasca-rilis. Oleh karenanya, keputusan jadwal rilis sangat berkaitan dengan promotion. Di Netrilis, Anda dapat menentukan Release Date baik untuk kebutuhan rilis cepat/segera maupun dengan jadwal tertentu. Selengkapnya tentang Release Date.


Pelajari Style Guide (Pedoman Rilis)

Anda dapat membaca pedoman rilisan lebih lengkap, karena beberapa rilisan khusus memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Dan rilisan yang tidak sesuai dengan style guide tersebut akan membutuhkan revisi sampai dengan rejected. Maka, agar tidak mengubah rencana dan persiapan rilis, Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu di Pedoman Rilis.


Pahami alur rilis digital

Anda dapat merilis musik secara digital melalui Netrilis sebagai pihak music aggregator yang dipercaya sebagai peninjau dan menengahi Artist ke Music Platforms. 
  • Submit » Peninjauan » Konfirmasi » Rilis
  • Kemudian 4 s/d 7 hari karya musik tersedia di Spotify dan selengkapnya


Related: