Solusi: Kesalahan Pengkatalogan Single, Album, Halaman Artist di Digital Stores

Netrilis
Untuk menghindari kesalahan pada rilisan yang live di Digital Stores usahakan mengisi form submission dengan baik dan lakukan pengecekan beberapa kali. Karena informasi yang diisi di form submission tersebut akan live di Digital Stores. Berikut beberapa contoh kasus setelah musik live di Digital Stores beserta solusinya:



Misalnya kesalahan penulisan nama Artist, Album, kesalahan tahun rilis dan misspelling lainnya.
  • Cek kembali Submission Anda, apakah kesalahan penulisan terjadi ketika mengisi form informasi rilisan
  • Beda cara penulisan, seharusnya tulisannya huruf besar semua. Harap diingat bahwa Digital Stores hanya menerima rilisan dengan penulisan Title Case. Setiap informasi rilisan dengan penulisan UPPERCASE akan dirubah menjadi Title Case.
  • Jika ada penulisan di Digital Stores yang tidak sesuai dengan penulisan di form submission, silakan request perubahan melalui Artist Inquiries.

Rilisan muncul di halaman artist yang bukan artist tersebut. Hal ini dikarenakan nama yang mirip dan atau sama. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pengkatalogan tersebut, karena memang sesuai dengan nama-artist. Artinya nama-artist yang kita buat bukan ide baru, sudah ada mereka yang lebih awal memakai nama tersebut.

SOLUSI 1
Kontak melalui Support Spotify: https://support.spotify.com/us/contact-spotify-anonymous/ , sertakan song URI dan jelaskan di kolom Tell us more, misalnya "different artists on the same Artist Page". [Lihat tutorial video]

SOLUSI 2
Kontak Spotify Artist Support melalui: https://artists.spotify.com/contact , pilih My artist name or release title is wrong dan jelaskan di kotak pesannya "please create new page for our release". Kemudian Spotify Artist Support akan mengirimkan email, dan balas dengan menyertakan URI.

SOLUSI 3
Jika halaman artist yang salah tersebut belum verified (belum ada centang di Spotifynya) Anda dapat melakukan verifikasi [Tutorial Verifikasi Spotify for Artist]. Kemudian Anda dapat melakukan request perbaikan ke pihak Spotify secara langsung mengisi form berikut; https://artists.spotify.com/c/content-mismatch (hanya tersedia ketika halaman artist Anda telah verified).

SOLUSI 4 (terakhir)
Jika Anda sangat mementingkan ke-originalitasan nama Artist Anda. Mungkin dapat dipertimbangkan mengganti nama Artist: sebelum menentukannya, lakukan riset kembali di Spotify atau iTunes cari dan apakah sudah ada nama-artist tersebut. Anda dapat menambahkan The didepan nama atau mengubahnya dengan nama yang lebih authentic dan original. Anda dapat request perubahan nama melalui: [Request Update].

Ada beberapa Digital Stores yang tidak menerima reporting error perubahan pada katalognya, seperti: Amazon dan Shazam.

Informasi terkait