Spotify vs Joox

Sekalipun masih ada banyak layanan streaming musik lainnya (lihat daftar partner Netrilis), tapi Joox dan Spotify paling populer di Indonesia dan paling sering dibandingkan. Berikut adalah tabel komparasi layanan antara Spotify VS Joox VS Apple Music dan VS Guvera, dikutip dari techinasia:



Joox
Platform musik ini adalah aplikasi streaming paling populer di Indonesia. Dan Indonesia merupakan salah 1 negara yang menjadi fokus branding Joox. Saat ini Netrilis tidak/belum mendistribusikan musik ke Joox, tapi tidak menutup kemungkinan berpartner dikemudian hari.

Spotify
Platform streaming musik terbesar didunia ini memiliki 60 million pelanggan premium, Spotify juga merupakan digital music stores yang membayar artist Netrilis paling banyak jika dibandingkan dengan Apple Music, Deezer dan platform streaming lainnya.

Apakah Netrilis mendistribusikan musik dan lagu ke Joox?
saat ini Netrilis belum berpartner dengan Joox, namun tidak menutup kemungkinan didepan akan mendistribusikan ke Joox. Perlu diketahui bahwa platforms yang paling banyak membayar artist adalah; Apple Music, Spotify dan iTunes. Platforms tersebut tidak banyak memiliki fitur free/gratis, karena 'berbayar' tersebutlah yang kemudian kembali menjadi revenue artists. Oleh karenanya kita sangat men-support trend Spotify di Indonesia, dimana hingga saat ini Spotify masih pionir dan platforms streaming No.1 di dunia. Kita percaya bahwa musisi memiliki pengaruh besar pada trend 'mendengarkan musik', maka kita berharap men-support platform yang mengapresiasi tinggi tersebut untuk trend dan bukannya mengikuti trend yang sudah ada.

Related: