Cara Cek Musik Sudah Available di iTunes, Spotify dan Digital Stores Lainnya

Netrilis
Spotify, Apple Music, Joox, Youtube Music, dll memiliki durasi dan sistem yang berbeda dalam proses pengkatalogkan, serta tidak memberikan notifikasi jika lagu sudah available secara online di platformnya. Oleh karena itu, partner distribusi musik (Netrilis) tidak mengabarkan jika musik telah tayang, live atau beredar di semua Music Platforms.



Dengan perbedaan durasi waktu masing-masing stores, Netrilis menghitung rata-rata lagu telah ter-upload lengkap disemua katalog toko musik tersebut dalam durasi waktu 1 s/d 2 minggu (hari kerja) setelah approved email dikirim oleh Netrilis.

Berikut beberapa tips untuk melakukan cek apakah lagu telah tersedia di Music Platforms:

iTunes dan Apple Music

Apple memiliki tools bernama Marketing Toolbox, halaman online yang memungkinkan kita untuk mencari konten di iTunes dan Apple Music untuk kebutuhan promote. Tools tersebut juga dapat digunakan untuk mendapatkan link lagu yang share-able. [Link]

Spotify Search

Untuk lagu-lagu yang new release, biasanya lagu tidak langsung di index secara baik oleh Spotify Search atau bisa saja tertumpuk dengan rilisan lain dengan nama similar yang lebih populer. Pencarian yang lebih relevan dapat dilakukan dengan menambahkan code: title:, artist: atau menambahkan tanda kutip pada keyword pencarian. [Tutorial Video]

Social Media dan lain-lain

  • songwhip.com dan odesli.co tools yang mencari dan mengumpulkan link lagu di Apple Music, Spotify, Amazon, dll. Tools ini juga memudahkan untuk share links rilisan tersebut, tanpa sign-up.
  • Google Search dengan menambahkan code pada kotak pencarian: Judul Lagu site:website.com. [contoh]
  • Check ketersediaan musik melalui aplikasi Shazam, Soundhound, Sony TrackID dan Tools identifikasi lagu. Karena hanya lagu yang tersedia di digital stores yang dapat ditemukan dengan baik oleh aplikasi tersebut.

Related: