Cara Menjual Lagu Ciptaan Sendiri

Netrilis

Saat ini kebanyakan penikmat musik lebih banyak mendengarkan lagu melalui aplikasi streaming online dibandingkan dengan tape & CD player. Oleh karena itu, musisi tidak lagi menjual musik dengan secara rilisan fisik, melainkan dengan cara online.



Kabar baiknya, musisi indie memiliki kesempatan yang sama dengan Artist major industri, yaitu sama-sama memungkinkan menjual lagu ciptaannya sendiri melalui platform digital, yaitu:

Jual Melalui Digital Music Stores

Karya musik yang diciptakan dan dibawakan secara mandiri dapat dirilis ke iTunes dan Amazon Music. Sebuah toko lagu berformat file digital, dimana musisi dapat menjual lagunya melalui perantara aggregator musik, yang kemudian konsumen dapat membelinya dengan cara download.

Sedangkan untuk karya musik cover version, membutuhkan lisensi (surat izin) dari pemilik hakcipta agar dapat didistribusikan ke digital stores.

Perdengarkan Melalui Streaming Platforms

Streaming merupakan metode meng-konsumsi musik yang lebih efektif, dimana pendengar tidak memerlukan membeli lagu melainkan berlangganan premium untuk mendengarkan semua katalog tanpa harus mendownloadnya.

Musisi dapat merilis karya musik originalnya ke Spotify, Apple Music, TikTok Music, Joox dan berbagai streaming platforms lainnya melalui aggregator musik. Sedangkan untuk karya cover, tetap memerlukan lisensi (surat izin) dari pemilik hakcipta, kecuali meng-cover rilisan dari lagu yang berasal dari USA.

Melibatkan ke Sound Catalog di Social Video Platforms

Dengan bekerjasama dengan aggregator, karya musik bukan hanya akan dijual ke digital stores, tersedia di streaming platforms, tapi juga akan tersedia di katalog social media berbasis video. Yaitu, tersedia untuk digunakan sebagai backsound di TikTok video, Instagram Reels, Insta Story, YouTube Shorts dan berbagai platform mendatang yang terus bertambah.

Cara di atas akan lebih efektif jika karya yang dirilis adalah lagu ciptaan sendiri, karena semua karya musik yang disubmit melalui aggregator Netrilis akan melewati sistem review untuk memastikan rilisan tidak melanggar hakcipta.


Upload Karya Musik
Jual dan perdengarkan ke Music Platforms


Informasi terkait