Apple Music Connect: Cara Claim Artist Profile di iTunes dan Apple Music

Apple™ memberi akses untuk artists me-manage profilenya di Apple Music dan iTunes. Dengan akses tersebut, setiap artist yang telah verified memungkinkan untuk berbagai audio, video, photo dan konten lainnya. Apple for Artist ini bernama Apple Music Connect, yaitu layanan bagi artist untuk Reach your audience, Tell your story, Spread the word and Share what you like.

Untuk dapat mengakses dan me-manage halaman profile Apple Music dan iTunes, Artist harus meng-claim yang kemudian pihak Apple akan melakukan review untuk proses verifikasi. Berikut langkah-langkah Apple Music Connect:

1. Musik sudah available on iTunes & Apple Music

Tentu saja syarat utamanya adalah lagu sudah masuk di katalog Apple Music dan iTunes. Ketersediaan tersebut dapat dilakukan cek melalui iTunes Link Maker. Jika lagu anda belum tersedia, anda perlu men-submitnya terlebih dahulu melalui CDBaby, Tunecore atau Netrilis untuk artist Indonesia. Setelah proses submit, diperlukan waktu berkisar 2 pekan untuk lagu anda didistribusikan dan dijual di iTunes & Apple Music.

2. Buat Apple ID

Ini adalah hal yang umum bagi pengguna produk Apple. Apple ID adalah akun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Apple seperti App Store, Apple Music, iCloud, iMessage, FaceTime, serta Apple Music Connect. Jika anda belum memiliki Apple ID, silakan buat melalui: Create Your Apple ID.



3. Login ke iTunes Store.

Anda perlu login ke iTunes atau Apple Music dengan Apple ID yang sama. Jika belum memiliki software atau aplikasinya silakan download melalui: Download iTunes. Setelah terinstal, anda harus login dan melengkapi data sampai Apple ID anda terdaftar sebagai akun yang digunakan untuk iTunes Store. Jika mengalami kesulitan, silakan kunjungi halaman bantuan: Cara Masuk iTunes Store.


4. Memulai Claim Artist Profile

Setelah dalam keadaan login iTunes atau Apple Music. Anda dapat meninggalkan aplikasi atau softwarenya, kemudian kunjungi https://www.apple.com/itunes/working-itunes/connect/ dan masuk menggunakan Apple ID.

5. Pilih konten yang ingin di Manage (Artists)


6. Klik tombol + dan memulai memilih artist



7. Add an Artist.

Tulis nama artist dengan benar, kotak pencarian akan menampilkan artist tersebut untuk anda pilih.


8. Pilih Role yang sesuai

Pilih yang real dan sesuaikan dengan Apple ID, hal ini untuk memudahkan proses verifikasi pihak Apple. Misalnya; Apple ID anda adalah nama perorangan dan atau band, pilih saja Band or Group Member. Sepertinya untuk role Artist Manager & Label Representative lebih sulit verified.


9. Isi Data Yang Sesuai, Real dan Lengkap

Isi kontak sesuai dengan Apple ID, baik email maupun No. Hanphone. Pastikan nama label/distribution sesuai dengan yang tertulis di halaman rilisan lagu Anda di iTunes, jika lupa, anda dapat melakukan cek melalui: iTunes Link Maker. Untuk Notes, isi URL social media yang relevan dengan artist dan tambahkan sedikit catatan.


10. Submit dan tunggu Approval melalui Email

Apple akan mengirimkan kabar kepada anda melalui email jika claim tersebut diterima. Sedikit berbeda dengan proses verifikasi Spotify for Artists, proses approval Apple ini memakan waktu yang cukup lama.



Related:




Agreement · Privacy · Contact