Apple Music for Artists: Cara Claim Profile Artist di Apple Music dan iTunes

Netrilis
Apple™ memberi akses kepada artists untuk me-manage profilenya di Apple Music. Dengan fitur tersebut, setiap artist yang telah verified memungkinkan untuk mengelola profile dan mengakses data streams, demografi dan berbagai analasia atas performa rilisannya di Apple Music.
Untuk dapat mengakses dan me-manage halaman profile Apple Music dan iTunes, Artist harus meng-claim yang kemudian pihak Apple akan melakukan review untuk proses verifikasi. Berikut langkah-langkah Apple Music for Artists:


1. Musik sudah available di Apple Music
Syarat utamanya adalah lagu sudah masuk di katalog Apple Music. Ketersediaan tersebut dapat dilakukan cek melalui Apple Services Marketing Tools. Jika lagu belum tersedia atau belum dirilis, anda perlu merilisnya terlebih dahulu, melalui music distributor.

2. Buat Apple ID
Apple ID adalah syarat umum bagi pengguna produk Apple. Apple ID adalah akun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Apple seperti App Store, Apple Music, iCloud, iMessage, FaceTime, serta Apple Music for Artists. Jika anda belum memiliki Apple ID, silakan membuatnya melalui: Create Your Apple ID.

3. Request Artist Access
Kunjungi Apple Music for Artists (versi web), atau download iOS app (pengguna iphone). Login kemudian klik Request Artist Access dan cari Artist yang akan diklaim. Jika terjadi masalah dalam pencarian Artists, Anda dapat mencari Artist Link (Content Link) dari search di Apple Music Marketing Tools, copy Content Link tersebut, kemudian paste pada kotak search.

4. Pilih Role (peran) yang relevan
Pilih yang peran yang real dan sesuaikan dengan Apple ID, hal ini untuk memudahkan proses verifikasi pihak Apple. Misalnya; Apple ID anda adalah nama perorangan dan atau band, silakan pilih Band or Group Member.

5. Isi data secara lengkap dan sesuai
Isi kontak sesuai dengan Apple ID, baik email maupun No. Handphone. Pastikan nama label/distribution sesuai dengan yang tertulis di halaman rilisan lagu Anda di iTunes, jika lupa, anda dapat melakukan cek melalui: Apple Music Marketing Tools. Untuk Notes, isi URL social media yang relevan dengan artist dan tambahkan sedikit catatan.

6. Submit dan tunggu Approval melalui email
Apple akan mengirimkan kabar kepada anda melalui email jika claim tersebut diterima. Sedikit berbeda dengan proses verifikasi Spotify for Artists, proses approval Apple ini memakan waktu yang cenderung lebih lama.


Tutorial Video
 


Informasi terkait