Spotify Terus Mengembangkan Berbagai Fitur Pendukung Artist

Netrilis

Spotify memiliki berbagai tools yang memungkinkan musisi untuk melakukan promosi, branding dan berbagai kegiatan untuk mengoptimasi rilisannya di Spotify. Termasuk; Spotify Canvas, Promo Cards, Playlist pitching, Concert dan Merch. Di tahun 2023 ini, Spotify mengembangkan fitur-fitur baru yaitu;

Clips



Clips adalah vertical video seperti halnya Instagram Reels, TikTok video dan YouTube Shorts. Spotify Clips tersebut memungkinkan Artist berbagi video behind the relases, story atau history tentang rilisannya. Video berdurasi 30 detik tersebut akan tampil di Artist profile dan melekat di rilisan terkait. Jika Spotify Clips belum tersedia di Spotify for Artists, silakan join waitlist di s.id/clipswaitlist karena Clips masih dalam keadaan beta tester dan hanya tersedia dibeberapa Artist pilihan.

Countdown Pages



Dengan fitur ini, rilisan akan tampil di Spotify dengan perhitungan mundur yang memungkinkan fans dan listeners untuk mendengar preview dan melakukan pre-save sebelum rilisan tersebut live di Spotify. 

Countdown pages telah melewati tester untuk rilisan baru dari Taylor Swift, Karol G, Florence and the Machine, Quevedo, Paramore, dll yang menghasilkan rata-rata lebih dari 80% users yang pre-save memutar rilisan tersebut di minggu pertama rilis.

Discovery Mode



Discovery Mode merupakan bentuk promosi dengan cara merekomendasikan rilisan ke auto-play dan Spotify Radio untuk users. Tidak ada biaya untuk Discovery Mode, karena promosi ini otomatis memotong revenue dari Artist saat campaign tersebut mencapai target. Discovery Mode bekerja secara otomatis dari sisi Aggregator, dimana rilisan terpilih akan otomatis dilibatkan ke Discovery Mode.

Marquee




Marquee adalah promosi rlisan yang tampil full screen di Spotify users. Marquee merupakan strategi rilis yang powerful dan dapat menjangakau calon pendengar tetap sasaran. Saat artikel ini dibuat, Marquee baru tersedia untuk Artist di USA, UK dan Australia.

Showcase

Spotify juga tengah mengembangkan fitur dengan nama Showcase, marketing tool lainnya untuk Artist melakukan promosi rilisannya.


Syarat dan Ketentuan

Semua fitur dan tools dari Spotify for Artists hanya dapat diakses jika rilisan telah live di Spotify dan profile telah verified, silakan baca lebih lanjut:


Informasi terkait