Perlindungan © Musik





Perlindungan Hak Cipta
Netrilis akan melindungi penggunaan musik Anda di internet, khususnya untuk setiap video yang mengandung lagu Anda di Youtube.

100% Hak Cipta tetap milik Anda
Netrilis akan meregistrasikan karya Anda di Youtube ContentID atas nama Anda sebagai pemilik hak cipta.

Non-Exclusive
Kerjasama pemilik hak cipta dengan Netrilis adalah Non-Exclusive. Pemilik hak cipta dapat memutuskan keluar atau mencabut karya musiknya dari Netrilis kapan saja.

Control Youtube Copyright Claim
Sebagai pemilik hak cipta, Channel Youtube Anda dapat dikecualikan dari scan claim hak cipta. Anda juga dapat melakukan request pengecualian Channel Youtube lain sesuai keputusan Anda.

Memungkinkan Monetize
Youtube ©, Facebook Rights dan SoundExchange memungkinkan mendapatkan penghasilan dari penggunaan musik Anda.


Netrilis mengkoleksikan penghasilan dari penggunaan musik pada video yang melanggar untuk pemilik hakcipta. Dengan kata lain; setiap pendapatan dari iklan yang muncul di video melanggar tersebut termasuk penghasilan artist di Netrilis. Dengan syarat;
  1. Video melanggar sudah terklaim atas nama pemilik hakcipta dan Netrilis.
  2. Channel yang mengupload video tersebut memungkinkan monetize dan memonetasi video melanggar tersebut.

Cara Kerja
  1. Netrilis bekerjasama dengan Adrev; pihak yang dipercaya Youtube dalam mengelola Content Id. Sistem Content Id bekerja secara otomatis melakukan scan (pemindaian audio) di semua video di Youtube.
  2. Setiap video yang terkena scan akan diklaim atas nama pemilik hakcipta. Youtube akan memberikan notifikasi ke pemilik channel bahwa video tersebut mengandung konten berhakcipta.
  3. Youtube juga memberikan peringatan; jika video tersebut di monetasi maka pendapatan dari monetasi adalah hak pemilik hakcipta.
  4. Netrilis mengkoleksikan pendapatan dari video-video yang melanggar tersebut yang akan diberikan ke artist sebagai penghasilan (75% Artist).
  5. Laporan penghasilan untuk Youtube © tersedia 4 kali dalam setahun. Dan akan dikabarkan ke artist jika mencapai $50, serta diberikan opsi withdraw (pencairan dana).

SoundExchange adalah organisasi yang mengumpulkan royalti atas nama pemilik hak cipta untuk transmisi non-interaktif yaitu;
  1. Non-interactive webcasters: penyedia layanan yang tidak memungkinkan pengguna untuk memilih dan memilih apa yang mereka dengarkan. Contoh: Pandora.
  2. Satellite dan Digital Cable TV: ketika lagu Anda diputar melalui kabel digital dan layanan musik televisi satelit seperti Music Choice (Digital Cable) dan Muzak (Dish).
  3. Satellite Radio Services: seperti XM Radio, SiriusXM
SoundExchange mengumpulkan royalty atas 3 tipe penggunaan musik diatas secara worldwide yaitu; https://www.soundexchange.com/about/international-partners/. SoundExchange tidak mengumpulkan royalti seperti yang dilakukan ASCAP, BMI dan WAMI. SoundExchange  hanya mengkoleksikan digital performance royalties.

Musik Anda akan dilindungi dari penggunaan illegal di Facebook dan memungkinkan mendapatkan penghasilan ketika musik Anda digunakan di Instagram dan Facebook oleh pengguna melalui fitur milik facebook dan instagram (saat ini; Facebook & Instagram stories dan baru tersedia beberapa negara pilihan).



Halaman ini hanya berlaku setelah musik ter-submit melalui: Rilis Digital.