Google Knowledge Panel untuk Musisi, Band, Solois, Musical Artists

Google Knowledge panel adalah tampilan informasi yang di munculkan oleh Google saat Anda menelusuri entitas (tokoh, artist, band, place, organisasi, dll). Kemudian darimana asal halaman musisi, band atau musical artist tampil di Google tersebut?.


Knowledge Panel dibuat secara otomatis oleh Google, dan informasi yang ditampilkan berasal dari berbagai sumber; baik dari mitra Google dan data yang dianggap resmi oleh Google. Kemudian digabungkan menjadi informasi akurat untuk hasil pencarian di search engine. [link].



Berikut beberapa langkah untuk band, solois (musical artist) agar ditampilkan dengan Google Knowledge Panel sebagai hasil pencarian di Google search:

Rilis Digital
Karya musik yang telah tersedia di Spotify, iTunes, Deezer, Amazon, dll dianggap sebagai data rilisan resmi oleh Google. Maka musisi yang lagunya telah rilis secara digital, akan diprioritaskan untuk ditampilkan di Google Knowledge Panel. [rilis digital].

Branded Social Media Profile
Saat ini Google knowledge panel men-support (akan menampilkan) social media; Facebook, Twitter, Google+, Instagram, YouTube, LinkedIn, Myspace, Pinterest, SoundCloud dan Tumblr [link]. Dan untuk mengoptimalkannya;

  • Gunakan display name yang sama, username yang serupa, kalimat bio yang mirip, serta penggunaan photo profile / logo yang similar akan membuat semua profile social media tersebut mudah ditangkap Google Algorithma sebagai satu kesatuan official profile yang konsisten.
  • Gunakan atau beralih profile social media menjadi tipe profesional, terutama; Facebook Fans Page, Instagram Business Profile dan Youtube Channel brand page. Hal ini memungkinkan Google untuk mengkategorikan profile sebagai non-personal account.
  • Jika memungkinkan, tampilkan link-link social media tersebut satu sama lain. Agar termasuk sebagai backlink dan parameter satu profile yang sama di halaman online.

Originalitas dan Verified Profile
Google harus memastikan data yang tampil di Knowledge Panel merupakan data resmi dari musisi terkait. Maka Google mempertimbangkan verified profile (social media & music platforms) sebagai data prioritas.

Official Website
Halaman mandiri di internet atau situs resmi dari musisi merupakan salah satu bagian penting bagi search engine untuk meng-index informasi tentang musisi tersebut untuk ditampilkan di hasil pencarian. Dan untuk memastikan Google meng-index-nya; submit website.

Wikipedia page
Bagian about di Google Knowledge Panel terutama berasal dari Wikipedia, sebagai sumber informasi terpercaya menurut Google. Halaman wikipedia untuk musisi dapat diterbitkan di wikipedia jika memenuhi kriteria berikut;
  • Pernah merilis minimal dua album,
  • Pernah memiliki karya musik yang masuk di chart musik minimal 1 negara tertentu,
  • Pernah mendapatkan penghargaan Gold & Platinum Awards,
  • dan kriteria lainnya [link].


Related: