Cara Jual Lagu ke iTunes

Netrilis
iTunes saat ini menjadi wadah terbaik bagi musisi untuk menghasilkan profit dengan cara menjual musik (lagu, RBT dan Music Video) melalui penjualan digital. Hal ini berlaku bagi musisi manapun, baik band dan solois dibawah label major, label indie, maupun band indiepedent.



iTunes merupakan digital music store terbesar yang pernah ada. Pada April 2008, Apple mengatakan telah menjual 4 miliar lagu dan memiliki lebih dari 6 juta lagu di katalognya, hal tersebut menjadikan iTunes sebagai music retailer terbesar di US dan internasional. (link Press Release).


Bagaimana Cara Musisi Indonesia Menjual Lagu di iTunes?

Mulai tanggal Desember 2012, iTunes telah mengizinkan musik Indonesia dijual di iTunes. Band dan solois dapat menjual lagunya ke iTunes melalui Agregator atau partner dari iTunes yang dipercaya untuk memasukkan konten ke iTunes Store.


Siapakah Partner iTunes?

Beberapa perusahaan yang dipercaya oleh iTunes untuk memasukkan musik ke katalognya adalah Tunecore dan CDBaby. Sedang di Indonesia, musisi dapat memasukkan lagunya ke iTunes melalui Netrilis.com.


Berapa Biaya Mendistribusikan Musik ke iTunes?

Untuk merilis single (1 lagu). Tunecore: $9.99/Tahun. CDBaby: $9.95/Tahun dan Netrilis mulai dari Rp.65000 sekali bayar saja. [link]


Kenapa Biaya Distribusi di Netrilis Murah?

Netrilis dikerjakan oleh team yang men-support Local Indie Movement. Netrilis dapat saja menggratiskan jasa merilis musik ke iTunes, tapi wadah ini kemudian akan menjadi sesuatu yang tidak berharga.


Adakah cara gratis menjual lagu ke iTunes?

Adalah hal yang riskan jika Anda menyerahkan hak distribusi musik Anda kepada pihak yang menawarakan jasanya gratis dan tanpa biaya.



Apa Keuntungan Mendistribusikan Musik Melalui Netrilis?

Netrilis tidak hanya mendistribusikan lagu ke iTunes saja, Netrilis akan merilis musik ke iTunes dan Apple Music, Spotify, Deezer, Joox, TikTok, Amazon Digital Music dan Digital Music Store worldwide lainnya. (lihat daftar partner Netrilis).


Bagaimana Cara Merilis Musik Melalui Netrilis?


  • Isi dan kirim kelengkapan rilis di halaman Submit
  • Kamu akan menerima email untuk upload / mengirimkan Musik dan Artwork
  • Netrilis akan meng-kurasi musik dan me-review (me-moderasi) kelengkapan rilis
  • Jika diterima, Netrilis akan mengirimkan invoice (Nota dan Nomor Rekening)
  • Musikmu segera rilis disemua Toko Musik Online maksimal 2 minggu setelah submit



Contoh Musik Yang Pernah Dirilis Oleh Netrilis

Daftar lengkap dapat dilihat di halaman utama website, pada playlist spotify » netrilis.com




Informasi lain mengenai cara menjual musik ke iTunes, Spotify, Google Play, Deezer, Amazon, dll dapat dilihat di halaman FAQ

Informasi terkait