Music Streaming Mendominasi Penjualan Industri Musik (Report Tahun 2015)

Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) merilis laporan untuk tahun 2015 yang menunjukkan bahwa musik streaming telah menjadi generator pendapatan terbesar dalam industri musik dunia. Stastik ini berdasarkan penjualan di U.S.



Statistik untuk penjualan fisik mengalami penurunan 10%, dan industri musik musik terus bergerak ke arah digital. Hal ini bukan berarti berita buruk bagi rilisan musik fisik, karena rilisan vinyl justru mengalami kebangkitan dengan kenaikan 32% dimana nilai tahun lalu berkisar $ 416.000.000 yang merupakan nilai tertinggi sejak tahun 1988. Report lengkapnya dapat dilihat di RIAA 2015 Report pdf.

RIAA menyimpulkan: "Secara keseluruhan, data tahun 2015 menunjukkan industri musik platform distribusi digital mendominasi pendapatan. Sedangkan tingkat pendapatan keseluruhan hanya naik sedikit, pergeseran besar terus terjadi pada platform musik streaming yang terus meningkatkan pangsa pasarnya. Pada tahun 2015, statistik penjualan industri musik memiliki campuran pendapatan paling seimbang dalam sejarah, dengan hanya sekitar 1/3 dari pendapatan yang berasal dari masing-masing kategori platform: Streaming, download, dan penjualan fisik.

Related:




Agreement · Privacy · Contact