Riset, Kirim Demo, Kontrak Label Rekaman, sampai Mendirikan Custom Record Label

Seperti yang kita tahu, record label atau label rekaman merupakan perusahaan yang menaungi artists berikut mendistribusikan dan mempromosikan karya rekaman dari artistsnya. Beberapa label rekaman juga memberi layanan kepada artistnya untuk memproduksi musik dan memproduksi rilisan fisik. Tidak seperti era vinyl record and cassette tape, saat ini label rekaman sangat bervariasi dan memiliki berbagai istilah baru dan tentu saja dengan berbagai layanan yang berbeda-beda, sebut saja; indie label, netlabel, label digital, digi-label dstnya.

Berikut ini beberapa tips untuk melihat data record label menggunakan fasilitas internet, yang dapat berguna untuk;
  • Demo Submission ke Record Label
  • Riset sebelum artists melakukan kontrak dengan label rekaman.
  • Mendirikan atau mengembangkan custom label yang mandiri.

1. Google Knowladge Base
Google menyediakan bio dan company profile setiap pencarian yang relevan. Knowladge Graph dari google mengambil data dari official website, wikipedia, digital music stores, google profile, social media dan halaman lain di internet. Sebagai contoh 'Demajors'.



2. Google Discography Search
Di Google, tambahkan keyword 'album' untuk menampilkan discography dari record label. Google akan menampilkan daftar rilisan dari label rekaman tersebut, terutama rilisan digital yang didistribusikan ke legal music stores. Misalnya Remaco Album atau jika keyword tidak bekerja, bisa dengan cara dibalik Album Remaco;




3. Search by Label di Spotify
Spotify memiliki fitur pencarian tingkat lanjut, salah satunya mencari rilisan dan artist berdasarkan record label. Dengan cara label:nama label. Misalnya 'label:Sony'.



4. Discogs (Database Rilisan Musik)
Berisi diskografi atau daftar rilisan, terutama rilisan fisik dari vinyl record, cassette, dan CD berikut credits dan informasi rilisannya. Merilis musik dengan cara fisik tentu saja merupakan keputusan besar bagi musisi bahkan label (baca kelebihan rilisan fisik). Oleh karenanya; hanya label yang memiliki rilisan terdaftar di Discogs dapat dikategorikan sebagai label produktif.




5. Labelsbase (Situs Direktori Label Rekaman)
Adalah situs direktori tempat daftar label rekaman. labelsbase memungkinkan Musisi mencari data label, rilisan dari label, artists dan mengirim demo submission. Data labelsbase didapat dari rilisan digital (iTunes, Spotify, dll). Sebaliknya, jika Anda mendirikan label digital (merilis dengan custom label), data label Anda akan tampil di Labelbase dan dapat dilakukan verifikasi agar dapat mengelola halaman tersebut.



6. lbl.fm (Listen by Label)
Situs pencari daftar rilisan (single, album, artist) berdasar rilisannya di Spotify. Sangat berguna terutama untuk melihat keaktifan label sebagai distributor musik digital.



Tambahan:
  • Netrilis bukanlah label/record label/label musik atau label dalam artian konvensional. Netrilis merupakan digi-label yang bergerak sebagai mitra distribusi musik ke legal stores (iTunes, Spotify, dll) dimana artist dan songwriter tetap sebagai pemegang hakcipta.
  • Ketika mendistribusikan musik dengan Netrilis, hubungan musisi dengan Netrilis adalah Non-Exclusive, yaitu; tidak menghambat artis untuk mendapatkan kontrak dengan label manapun. Netrilis tidak akan mencegah/melarang artis melakukan apapun untuk musiknya.
  • Artist, Band, Musisi, Solois, Management dan Label dapat merilis musik dengan custom label (dengan nama label sendiri). Namun disarankan untuk merilis dengan label: Netrilis, jika tidak memiliki bendera label yang aktif.

Related: