rilisdigital Youtube Music Channel

Netrilis
cancel
  • Update Jan 2020: Channel Nextsong (sebelumnya Rilis Digital) pause dan diberhentikan operasinya. Oleh karena itu; sebagian konten pada halaman artikel ini mungkin tidak lagi relevan.
  • Update Apr 2019: mulai pertengahan April 2019, nama channel rilisdigital diupdate menjadi Nextsong.
  • Update Feb 2019: Netrilis berpartner dengan YouTube Music Channel Indonesia; IndieWave, Folkslokal dan Rumah Sejuk. Kini musisi dapat men-submit lagunya untuk dipublish di Channel rilisdigital bundling (sekaligus) dengan channel Youtube lokal lain yang memiliki puluhan subscriber aktif di Indonesia melalui: YouTube Music Promotion.



Sejarahnya, dimulai tahun 2008 YouTube mulai digunakan oleh user untuk berbagi musik (artwork video, video klip dan video lirik). Trend ini kemudian berlanjut hingga munculnya channel-channel besar seperti Trap City, Suicide Sheep, Proximity dll yang merupakan Channel khusus berbagai musik dan lagu untuk mensupport artists. Mengingat YouTube merupakan bagian penting dari kegiatan promosi musik online, maka Netrilis melakukan survey sederhana melalui instagram vote stories, dan berikut hasilnya;


  • 62% mengaku bahwa YouTube viewers mereka masih lebih besar dari Spotify listeners.
  • 89% percaya bahwa untuk "promosi", YouTube lebih baik daripada Soundcloud.
  • Dan rata-rata mendukung kita (Netrilis & artists) memulai YouTube Music Channel
Atas dasar kontribusi tersebutlah kemudian Netrilis mendirikan YouTube Music Channel, dan diberi nama "rilisdigital". Dengan tujuan meningkatkan pendengar dan Call to Action (mengarahkan) ke Digital Stores (iTunes, Spotify, dll).



  1. Semua lagu di channel rilisdigital adalah free listening (bebas dengar). Dengan tetap menghargai hak-cipta karya musik.
  2. Semua lagu yang di upload di channel rilisdigital "provided by artist to Netrilis". Merupakan hasil handpicked, high-curated dan di content ID-kan atas nama © musisi, band atau songwriter terkait.
  3. Untuk menghargai karya cipta, channel rilisdigital hanya mengupload lagu menggunakan materi gambar artwork asli dari lagu tersebut.
  4. Karya musik (lagu) dan artwork (gambar) di channel rilisdigital bukan untuk tujuan "free download", bukan "free for commercial use" dan bukan "no copyright music".
  5. Jika ada pihak yang membutuhkan untuk menggunakan musik tersebut sebagai backsound atau soundtrack, Netrilis menyediakan kontak (link) artist terkait di deskripsi. Atau dapat menghubungi Netrilis, yang kemudian pihak Netrilis akan mengabarkan ke artist terkait.


Informasi terkait