rilisdigital Youtube Music Channel

Perkenalkan; rilisdigital Youtube Channel Netrilis bersama very talented musisi Indonesia, berbagi dengar karya musik lokal terbaik.



Sejarahnya, dimulai tahun 2008 Youtube mulai digunakan oleh user untuk berbagi musik (artwork video, video klip dan video lirik). Trend ini kemudian berlanjut hingga munculnya channel-channel besar seperti Trap City, Suicide Sheep, Proximity dll yang merupakan Channel khusus berbagai musik dan lagu untuk mensupport artists. Mengingat Youtube merupakan bagian penting dari kegiatan promosi musik online, maka Netrilis melakukan survey sederhana melalui instagram vote stories, dan berikut hasilnya;


  • 62% mengaku bahwa Youtube viewers mereka masih lebih besar dari Spotify listeners.
  • 89% percaya bahwa untuk "promosi", Youtube lebih baik daripada Soundcloud.
  • Dan rata-rata mendukung kita (Netrilis & artists) memulai Youtube Music Channel
Atas dasar kontribusi tersebutlah kemudian Netrilis mendirikan Youtube Music Channel, dan diberi nama "rilisdigital". Dengan tujuan meningkatkan pendengar dan Call to Action (mengarahkan) ke Digital Stores (iTunes, Spotify, dll).



  1. Semua lagu di channel rilisdigital adalah free listening (bebas dengar). Dengan tetap menghargai hak-cipta karya musik.
  2. Semua lagu yang di upload di channel rilisdigital "provided by artist to Netrilis". Merupakan hasil handpicked, high-curated dan di content ID-kan atas nama © musisi, band atau songwriter terkait.
  3. Untuk menghargai karya cipta, channel rilisdigital hanya mengupload lagu menggunakan materi gambar artwork asli dari lagu tersebut.
  4. Karya musik (lagu) dan artwork (gambar) di channel rilisdigital bukan untuk tujuan "free download", bukan "free for commercial use" dan bukan "no copyright music".
  5. Jika ada pihak yang membutuhkan untuk menggunakan musik tersebut sebagai backsound atau soundtrack, Netrilis menyediakan kontak (link) artist terkait di deskripsi. Atau dapat menghubungi Netrilis, yang kemudian pihak Netrilis akan mengabarkan ke artist terkait.





Related: