Rp.Bebas di Respectgigs#1 (Tahun 2017)

Netrilis
Bukan pengunjung saja yang mengisi Respectbox dengan nilai HTM Rp. Bebas. Tapi termasuk performer, panitia, tamu dan semua yang masuk turut mengapresiasi "Support Based Event" ini. Tepatnya 10 Desember 2017 lalu, Respectzine bersama Bands, Apresiator dan Supporters berhasil menggelar Respectgigs pertama di Arcaf Cafe Yogyakarta.


"Semoga karya musik berumur panjang, sepanjang penghargaan yang kita tanam" menjadi tagline yang menaungi atmosphere Respectgigs#1. Lebih dari yang direncanakan, setiap fitur Respectgigs#1 diapresiasi dengan baik oleh semua yang terlibat, yang kemudian menciptakan ruang dan waktu dimana musisi dan apresiator saling respect di malam itu.

Uniknya, pihak Respectzine meng-exlusive-kan live performance dari Bands dan tidak didokumentasikan secara full, artinya hanya dapat dilihat secara live ketika gigs berjalan. Berikut gambaran bagaimana Respectgigs#1 yang diramaikan oleh Rebellion Rose, Desperados, Gerap Gurita, Gie, Dream Society, The Pria Idaman dan Ring Rock Road:



Kembali ke pintu masuk, siapapun yang melewati pintu tersebut memasukan rupiah ke kotak Respectbox sesuai tingkat apresiasinya. Total nilai yang terkumpul itu kemudian tampil secara live di Projector Screen di stage, di belakang band yang sedang perform. Hingga diakhir acara, Respectzine melaporkan total yang terkumpul adalah Rp. 1.714.300 dari 169 orang Apresiator.

Respectgigs#1 berangkat dari keresahaan bahwa industri musik sedang tidak baik-baik saja. Dan merupakan kegiatan kampanye #respectmusic sebagai penyadaran bagaimana seharusnya musik dihargai, salah satu bentuknya adalah di sela-sela gigs berjalan ada giveaway sebagai apresiasi kepada mereka yang berfoto menggunakan hastag #respectmusic. Giveaway tersebut berasal dari Bands dan Supporter, beberapa yang terdata adalah: Rebellion Rose: 4 Kaos Libertas Hitam, Gerap Gurita: 63 Sticker Logo & 33 Pin Logo, Gie: 1 Kaos Balada Mahasiswa, Dream Society: 1 CD Jogjakarta Punkamonica & 1 CD Fase Selanjutnya, The Pria Idaman: 1 Topi & 1 Kaos Logo Lengan Pendek, Ring Rock Road: 1 Kaos Logo dan Respectzine: 6 Kaos Logo Respectzine.

Terselenggaranya Respectgigs#1 berkat dukungan sejumlah brand dan media berikut:
Setelah event selesai, dana yang tersisa dan hasil respectbox dikumpulkan menjadi satu dan dibagikan secara merata ke Bands dan semua yang terlibat. Rincian keluar-masuknya dana berikut kwitansi dan nota serta pembagian dengan detail dijelaskan di PDF berikut: http://bit.ly/respectgigs1report

Bands diberikan pilihan bebas untuk menerima fee tersebut atau mengembalikan dan dialokasikan untuk Respectgigs#2, dan hasilnya adalah semua Bands memilih untuk men-support Respectgigs#2. Selain Bands, Siapapun juga dapat men-support Respectgigs berikutnya yang sudah dibuka mulai saat ini di: http://bit.ly/supportrespectgigs2

Informasi terkait