Peluncuran Album 'Kamar Malas' Gie (Format Medium)

Netrilis
Konser peluncuran album 'Kamar Malas' akan diselenggarakan pada Jumat, 23 Februari 2018 bertempat di Lab Karawitan Fakultas Bahasa dan Seni UNY (http://bit.ly/kekamarmalas). Satu hal yang menarik pada konser mereka kali ini adalah 'HTM Rp. Bebas' untuk memberikan kesempatan sepenuhnya kepada pengunjung untuk menentukan tingkat apresiasinya terhadap pertunjukan karya musik.

Perjalanan bermusik Gie tidaklah singkat. Bermain musik bersama sejak 2013 membuat kreativitas 5 pria ini semakin tajam. Band yang digawangi oleh Wimar, Gatra, Kaka, Shinjoe, dan Abe ini akhirnya merilis debut album setelah setahun sebelumnya dibuka dengan single Tetaplah di Sini. “Kamar Malas” berisikan 10 lagu, di antaranya Tetaplah di Sini, Jarak, Jam Pasir, dan lagu-lagu lainnya termasuk beberapa lagu dalam bahasa Inggris. Berisikan karya yang seluruhnya baru, Gie percaya diri bahwa album penuh pertama mereka ini membawa nyawa yang lebih kuat dibandingkan dengan EP Kopi Blues dan single Belum Habis.


Terciptanya album kali ini diakui tidak pernah direncanakan, tapi bukan juga sebuah kebetulan. “Kamar Malas” diambil dari salah satu lagu yang ada di album ini dengan judul sama. Hal ini sama dengan tajuk EP Gie sebelumnya yang diambil dari salah satu judul lagu di dalamnya. “Memilih tajuk album tidak mudah. Lagi -lagi kami berusaha melawan gagasan besar tentang moral yang dipelihara orang pada umumnya, utamanya pada kata malas yang kami gunakan sebagai tajuk.”, ujar Kaka. “Kamar Malas” yang digagas oleh Gie kali ini adalah sebuah ruang lahirnya karya dan menguapnya keresahan, tambah Gatra.

Album yang dikerjakan kurang lebih 1 tahun ini melibatkan banyak pihak antara lain, Sandi Gilang yang didapuk sebagai Music Director, Redy Afrians selaku Mixing/Mastering Engineer, studio musik Jogja Audio School, rumahrekam, dan Footprints Studio, serta Netrilis untuk persebaran digital. Cover album kali ini dikerjakan oleh Regga Hendarto yang berkolaborasi dengan INVCstudio.

Layaknya manusia pada umumnya, ada idealisme yang menaungi perjalanan musik dan karya-karya Gie. Abe dan Shinjoe mengakui bahwa tidak ada sekat dan batasan harus begini atau tidak boleh begitu. “Kami tidak membuat karya yang selamanya bernegosiasi dengan kuping populer. Yang terjadi justru sebaliknya, proses negosiasi itu kami berikan dalam ruang interpretasi mereka yang mendengarkan karya kami.”

“Kamar Malas” ini juga merupakan ujian dan perjudian tersendiri bagi Gie. Kali ini mereka membawa gagasan baru mengenai karya musik digital. Wimar berujar bahwa Gie memiliki ketertarikan mendalam terhadap tantangan, terutama gagasan mengenai metode persebaran musik yang terus berkembang. Untuk itulah Gie kali ini tidak menyertakan cakram padat CD yang sudah konvensional digunakan oleh musisi lain dan menggantinya dengan medium berupa QR Code. “Kalian tidak perlu khawatir menyoal perubahan ini karena kami meyakini bahwa ini justru memudahkan. Daripada nge-rip CD, kami tawarkan kesempatan untuk langsung melakukan download musik kami lewat QR Code yang dilengkapi backlink tersebut.”


Track List “Kamar Malas”
  1. Tetaplah di Sini
  2. Jam Pasir
  3. Never Have You
  4. Jarak
  5. Kamar Malas
  6. Blues Girl
  7. Satu-satunya
  8. Living On
  9. Tiga Banding Satu
  10. Balada Pasca Sarjana


Personnel
  • Wimar Yulius – Vocal, Manager
  • Gatra Laringal – Guitar, Songwriter, Backing Vocal
  • Denny Shinjoe – Bass, Backing Vocal
  • Kaka Bagaskara – Keyboard, Additional Engineering
  • Abe Subangkit - Drum


Team
  • Abass – Studio Technician, Road Manager
  • Krisna – Studio Technician, Stage Manager
  • Kemal Akbar – Studio Engineer, FOH Engineer
  • Raga Pratama - Videographer
  • Dennys Pamungkas – Photographer
  • Redy Afrians – Mixing/Mastering Engineer
  • Sandi Gilang – Music Director
  • Regga Hendarto x INVCstudio – Artwork


Album Kamar Malas Available Download at Medium Netrilis (Link tersedia di Limited Booklet 'Kamar Malas')

Informasi terkait