Solusi: Kesalahan Pengkatalogan Single, Album, Halaman Artist di Digital Stores

Untuk menghindari kesalahan pada rilisan yang live di Digital Stores usahakan mengisi form submission dengan baik dan lakukan pengecekan beberapa kali. Karena informasi tersebut akan live di Digital Stores dan sementara ini tidak diberlakukan request perubahan kecuali kesalahan dikarenakan pihak Netrilis atau Digital Stores (tapi hal ini sangat jarang terjadi). Berikut ini adalah beberapa contoh kasus setelah musik live di Digital Stores beserta solusinya:




Salah Penulisan

Misalnya kesalahan penulisan nama Artist, Album, kesalahan tahun rilis dan misspelling lainnya.

  • Cek kembali Submission Anda, apakah kesalahan penulisan terjadi ketika mengisi form informasi rilisan
  • Beda cara penulisan, seharusnya tulisannya huruf besar semua. Harap diingat bahwa Digital Stores hanya menerima rilisan dengan penulisan Title Case. Setiap informasi rilisan dengan penulisan UPPERCASE akan dirubah menjadi Title Case.
  • Jika ada penulisan di Digital Stores yang tidak sesuai dengan penulisan di form submission, silakan request perubahan melalui Artist Inquiries.


Salah Halaman Artist

Rilisan muncul di halaman artist yang bukan artist tersebut. Hal ini dikarenakan nama yang mirip dan atau sama. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pengkatalogan tersebut, karena memang sesuai dengan nama-artist. Artinya nama-artist yang kita buat bukan ide baru, sudah ada mereka yang lebih awal memakai nama tersebut.

Oleh karena itu, sebelum merilis musik sebaiknya riset terlebih dahulu misalnya di Spotify atau iTunes cari dan apakah sudah ada nama-artist tersebut. Jika sudah ada, misalnya bisa menambahkan "The" didepan nama atau sedikit mengganti nama, karena tentu saja nama yang original lebih baik secara branding. Jika sudah rilis dan terlanjur musik gabung dengan artist lain, berikut ini daftar solusinya:

Solusi 1




Solusi 2



Related: