Cara Menambahkan Lagu di Path



Path merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan di Indonesia, platform ini diluncurkan November 2010 yang berbasis di San Francisco, California. Path berfungsi sebagai tempat berbagi dengan teman, keluarga dan orang-orang dekat, hal ini dikarenakan aplikasi ini bersifat private dan tidak public. Diantara berbagai fitur Path yang dapat difungsikan untuk share aktivitas dan komunikasi, layanan uniknya adalah dapat berbagi lagu atau musik apa yang kita dengar.

Masalah yang sering dijumpai di Path adalah; bagaimana cara menambahkan lagu di Path? perlu diketahui bahwa Path menggunakan API iTunes untuk melengkapi katalog/daftar lagunya, artinya lagu yang belum tersedia di iTunes tentu saja tidak dapat dijumpai di Path. Maka solusi terbaik untuk menambahkan lagu ke Path adalah upload lagu ke iTunes.

Baca: Cara Menjual Lagu ke iTunes

Lagu sudah ada di iTunes tapi tidak ada di Path

Di Path, katalog musik yang muncul sesuai dengan pilihan bahasa sistem di handphone. Jika hanphone menggunakan bahasa English, maka lagu yang tersedia didapat dari katalog musik iTunes stores USA. Dengan mengganti bahasa handphone ke bahasa Indonesia, Path akan menampilkan daftar lagu dari iTunes store Indonesia. Cara tersebut berlaku untuk Android dan iOS.

Path juga menambahkan pada halaman FAQnya bahwa mereka terus mengembangkan fitur pencarian musiknya, bisa saja Path nantinya menggunakan digital stores lain misalnya Spotify, Deezer untuk mengindex kelengkapan katalog musiknya.


Notes: Netrilis tidak mendistribusikan lagu ke Path, karena Path bukan kategori Digital Stores dan Netrilis tidak berpartner dengan Path. Tapi dengan merilis musik ke iTunes memungkin lagu tersebut tersedia di katalog Path.

Related: