Cara Membuat dan Mendesain Artwork

Dalam lingkup musik, artwork dapat diartikan sebagai karya seni (visual) atau ilustrasi baik berupa foto atau grafis yang mewakili karya musik. Kata lain dari artwork adalah cover art, album cover yang merupakan sampul dari rilisan musik (fisik maupun digital). Artwork memiliki fungsi terutama dalam hal komersial, yaitu untuk mempromosikan musik, tetapi dapat juga memiliki fungsi estetika.



1. Software
Seperti halnya desain grafis dan photo editing pada umumnya, proses pembuatan artwork musik dilakukan menggunakan software yang dikuasai misalnya; Adobe Photoshop, Corel Draw dan atau Adobe Illustrator.

2. LogoDalam konteks industri musik, karya musik (lagu) adalah produk dari seniman musik (artist). Dengan demikian artist membutuhkan brand, atau jika solois berarti personal branding. Dalam hal branding, logo adalah bagian paling mendasar dari sebuah brand itu sendiri. Jika belum memiliki logo, sebaiknya tuliskan nama artis (band/solois) dengan font default saja. Ini untuk mengantisipasi kepemilikan logo dirilisan berikutnya, agar tidak membingungkan kesinambungan branding.

3. Photography
Jangan gunakan photo ber-copyright, berkualitas buruk, blur, hasil scan, dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat rilisan di reject terutama pada rilis digital. Sebaiknya gunakanlah photo yang original, bisa dengan hasil foto sendiri atau dengan browsing di website yang menyediakan katalog photo berlisensi CC0 Public Domain "Free for commercial use - No attribution required", seperti:
Atau jika ingin mencari photo menggunakan Google image, bisa dengan mengaktifkan filter pencarian photo yang lisensinya memang digratiskan untuk digunakan. Pengaturannya di Search Tools » Usage Right » labeled for reuse with modification


4. Font
Gunakanlah font secara bijak, jangan terlalu gunakan banyak varian dalam desain artwork, cukup 1 atau maksimal 3 jenis font saja. Jika tidak menyukai font standar bawaan komputer atau tidak memiliki font berbayar, bisa mencari font free di situs seperti dafont.com, fontsquirrel.com, 1001fonts.com dll

5. Desain
Desainlah artwork seperti tujuannya; yaitu sebagai karya seni visual yang mewakili karya musik. Jangan mencantumkan URL website, informasi harga, informasi kontak (email, nomor tlp, dll).


6. Rilis Fisik (Cover CD)
Untuk rilis fisik, artwork dibuat dan diexport dalam format CMYK karena akan diprint. Untuk ukuran dan dimensi bisa disesuaikan dengan template yang sudah disiapkan oleh netrilis:
· DigiPack (Packaging: kertas hard cover)
· Classic (Packaging: mika)

7. Rilis Digital
Artwork untuk kebutuhan rilis digital memiliki ketentuan;
  • Bentuk square (persegi/kotak) dimensi 1425×1425 pixels
  • 72 – 300dpi (disarankan 300dpi)
  • Warna RGB (bukan CMYK)
  • Export dalam format JPG
  • dan untuk upload di netrilis; maksimal size 25MB

Related: