Cara Upload Musik ke Spotify

Maret 2016 merupakan kabar baik diamana Spotify hadir di Indonesia. Hal ini semakin memungkinkan artist (baik indie maupun terikat label) untuk turut serta dalam industri musik digital dengan mendistribusikan musik dan memperoleh royalty dari platform streaming musik.



Spotify diluncurkan pada 23 April 2006 yang saat ini memiliki 30 juta lagu lebih dan 70 million subscribers. Spotify merupakan platform musik streaming terbesar di dunia dan dijuluki sebagai "king of music streaming". Sedan di Indonesia, Spotify semakin trending dan bersaing dengan platform streaming musik yang lebih dulu menjajaki tanah air, seperti Joox dan Langitmusik.

Spotify memiliki model industri musik digital yang fair dan legal. Dimana artist (baik selebritis maupun musisi indie) memungkinkan memperoleh revenue (royalty) dari lagunya. Tapi Spotify tidak memilik fitur untuk artist, label dan atau publisher untuk meng-upload lagu ke katalognya, Spotify mempercayakan pengisian database tersebut melalui pihak-pihak mitra yang dipercaya, misalnya CD Baby, Tunecore dan Netrilis untuk artist Indonesia.

Artist dapat mengunggah, mendistribusikan, menjual lagu ke Spotify melalui Netrilis. Distribusi digital yang legal, kontrak non-exclusive (tidak mengikat) dan hak-cipta sepenuhnya milik masing-masing artist.

Submit musik ke Spotify, iTunes, Deezer dan platfrom toko musik online worldwide: Rilis Digital.

Notes: Artikel ini tidak membahas tentang bagaimana mengupload file musik (file lokal dari handphone dan atau komputer) untuk dapat diputar menggunakan aplikasi android atau software Spotify desktop. Perihal tersebut dapat dibaca di halaman Spotify berikut: Listen to File Local.

Related: